Header Ads

Dahsyatnya Keutamaan Bersyukur

ILMU-ISLAM.COM - Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih”.” (QS. Ibrahim: 7)

Sungguh dahsyatnya keutamaan bersyukur jika kita renungi bersama bahwa sesungguhnya bersyukur akan membawa kita kepada Ridho-Nya.dengan bersyukur hati kita akan menjadi lapang dan bahagia.betapa tidak,jika kita renungi bersama begitu banyak diantara kita sering mengeluh dan mengingkari nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.biasanya kita melihat orang lain diatas kita,sehingga kita tidak bersyukur kepada keadaan kita sekarang.apa yang ada jarang di syukuri dan apa yang tiada sering kita risaukan.maka marilah kta syukuri apa yang ada pada diri kita sekarang niscahya Allah akan menambahkan kenikmatan kepada kita ,seperti yang termaktub dalam Surat Ibrahim:7 diatas




Dujud syukur hanya pada-Nya


Lebih dari setengah rasa susah dan rasa menderita yang dialami kebanyakan orang bersumber dari melihat kenikmatan orang lain.seperti contoh, kita melihat teman kita mengendarai sebuah mobil yang bagus.lantas kita mengatakan kepada diri kita sendiri,teman ku ini bisa mengendarai mobil yang bagus,sedangkan aku hanya sanggup naik angkot.atau contoh seperti ini,temanku punya HP Blackberry sedangkan aku HP jadul yang sudah ketinggalan jaman,sungguh aku tidak dapat menerima nya.

Contoh diatas adalah suatu kejadian yang sering kita alami.kita terkadang terbujuk oleh rayuan setan sehingga kita melupakan nikmat Allah,dan justru memalingkan diri dengan memandang kenikmatan orang lain,sehingga kita terjerumus dalam kesusahan,kesedihan,dan menganggap rendah nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita.

Marilah kita berfikir,lihatlah seandainya Allah memberi kita mobil yang kita inginkan seperti teman kita,atau sebuah HP Blackberry yang kita idam-idamkan,pertanyaan nya apakah kita akan merasa puas?barangkali kita akan mengatakan IYApadahal tidak sama sekali.

Mungkin kita akan bersyukur memiliki barang tersebut hanya untuk sementara waktu saja,setelah itu biasa nya kita akan mencari-cari mobil yang lebih mewah atau HP Blackberry yang lebih canggih.betul?

Penyebabnya ialah nafsu kita sendiri yang sudah terbentuk melihat-lihat kenikmatan orang lain yang ada diatas kita,sehingga kita tidak bersyukur atas apa yang telah kita miliki,padahal Rasulullah SAW bersabda:

“Lihatlah orang yang dibawah kalian dan janganlah kalian melihat orang diatas kalian.karena sesungguh nya itu lebih pantas ,agar kalian tidak memandang rendah atas nikmat Allah yang diberikan kepada kalian (HR Bukhari)

Masihkah kita berkeluh-kesah mengingkari nikmat Nya?

Bahkan karena begitu dahsyatnya keutamaan bersyukur,sampai seorang pemikir dari Barat yang bernama James Ray,yang dikutip dari buku The Secret dia mengatakan :

Syukur adalah bagian mendasar dari ajaran-ajaran guru besar sepanjang sejarah. Dalam buku yang mengubah hidup saya, The Science of Getting Rich, ditulis oleh Wallace Wattles di tahun 1910, syukur adalah bab yang terpanjang. Setiap guru yang ditokohkan dalam buku Rahasia ini menggunakan syukur sebagai bagian dari hari mereka. Sebagian besar dari mereka memulai hari dengan pikiran dan perasaan syukur.

Jika kita perhatikan dari pernyataan diatas, sungguh begitu penting nya bersyukur dan bersyukur merupakan sesuatu yang universal untuk seluruh umat manusia yang ingin meraih kebahagiaan,tidak memandang apakah dia muslim atau non muslim bersyukur merupakan suatu daya tarik menarik atas apa yang kita inginkan.menurut Hukum Daya Tarik (Law Of Attraction).


Bersyukur merupakan sarana penambah nikmat untuk kita.jika kita ingin diberi nikmat lebih oleh-Nya,sebaliknya jika kita mengingkari atas nikmat Allah,sesungguh nya azab Allah sangat pedih,maka marilah kita bersyukur pada Nya.


Lalu bagaimana cara kita bersyukur?Para ulama mengemukakan tiga cara bersyukur kepada Allah.Pertama, bersyukur dengan hati nurani. Kata hati alias hati nurani selalu benar dan jujur.Kedua, bersyukur dengan ucapan.Ungkapan yang paling baik untuk menyatakan syukur kita kepada Allah adalah Hamdalah.Ketiga, bersyukur dengan perbuatan, yang biasanya dilakukan anggota tubuh

Adapun manfaat bersyukur yang dapat kita peroleh adalah sebagai berikut:

Allah akan menambahkan nikmat seorang hamba nya yang bersyukur

Jauh dari sifat ingkar terhadap nikmat Allah

Allah akan selalu mengingat kepada orang yang senantiasa bersyukur

Membuat hati kita menjadi lapang dada dan bahagia

Terhindar dari azab Allah yang begitu pedih yang disebabkan karena tidak bersyukur

Jika kita melihat Hukum Daya Tarik (law of attraction), bersyukur akan meningkatkan kekuatan kita menarik apa yang kita inginkan. Kekuatan hukum ini akan sebanding dengan keyakinan dan perasaan positif. Sementara semakin banyak kita bersyukur, akan semakin banyak perasaan positif pada diri kita.

Membuang energi negatif di dalam diri kita dan dengan izin Allah menggantikannya dengan energi positif di dalam diri kita.sehingga segala perasaan buruk, penyakit hati seperti marah, dengki, kecewa, dendam yang tersimpan di dalam diri kita akan ter-eliminasi.


Dan masih banyak lagi dahsyatnya keutamaan bersyukur yang luar biasa manfaat nya bagi diri kita,oleh karena itu,marilah bersama-sama kita bersyukur kepada Allah SWT agar diberikan jalan yang terbaik bagi kehidupan kita

Kemudian izinkanlah penulis memberikan sedikit kutipan lirik lagu favorit penulis,yang sangat indah dan inspiratif,hasil karya dari sebuah Band Indonesia yang bernama Alexandria berjudul Bersyukur.mari kita simak dan resapi untaian lirik berikut :

Bersyukurlah hanya pada-Nya
Semua memuji keagungan-Nya
Bersyukurlah atas nikmat-Nya
Ungkapkan rasa cinta pada-Nya
Kita di dunia hanya sementara
Mencari jalan menuju sorga-Nya
Bersihkan hati bila kita berdosa
Ikhlaskan hati berserah kepada-Nya


Jika kita renungi untaian lirik diatas,sungguh begitu indah dan penuh hikmah, mengingatkan kita untuk tetap selalu bersyukur atas nikmat Nya.dan agar kita selalu memiliki hati yang ikhlas,untuk menuju taman Firdaus.karena kita hidup di dunia ini hanya untuk sementara,kehidupan akhirat lah yang merupakan kehidupan yang sebenarnya atau merupakan kehidupan abadi.semoga kita termasuk kepada orang-orang yang selalu bersyukur dan memuji keagungan Nya. Aamiin

Sumber :inspirasikoe.blogdetik.com

Diberdayakan oleh Blogger.