Inilah Kiat Ustaz Bachtiar Nasir Terbiasa Bangun Malam Untuk Tahajud

Ilustrasi (istimewa)

ILMU-ISLAM.COM - Allah sangat menyukai manusia yang menggunakan sebagian waktunya untuk beribadah kepada-Nya. Allah mengetahui keterbatasan yang ada di dalam diri setiap manusia, oleh karena itu Ia menciptakan ibadah yang bermacam-macam agar manusia dapat memilih mana ibadah yang lebih disukainya, sehingga ia merasa ringan ketika melakukannya. Bangun malam untuk sholat tahajud merupakan amalan yang banyak sekali keutamaannya.

Sulitkah membiasakan shalat malam. Sebagian dari kita mengatakan 'ya'.

Soal itu, Pendiri sekaligus pengasuh Ar Rahman Quranic Learning Islamic Center Ustaz Bachtiar Nasir punya solusinya.

Pertama, mantapkan niat.

Kedua, tanamkan kesungguhan untuk bangun.

Ketiga, meminta kepada Allah agar kita bisa dipilih menjadi salah satu hamba-Nya yang bangun. “Ingat bahwa saat tidur manusia diikat oleh tiga ikatan dan kita harus melepas ikatan itu,” ujarnya

Ustaz menjelaskan, saat manusia terlelap sesungguhnya mereka diikat oleh tiga ikatan. Ikatan-ikatan itu akan lepas saat kita terbangun. Saat kita menyebut nama Allah, ikatan pertama lepas. Saat kita bangun dan berwudhu, ikatan kedua lepas. Saat kita mendirikan shalat, ikatan ketiga terlepas.

"Sesungguhnya, hati yang lalai, keras, dan terlalu banyak nafsu juga menjadi penyebab sulitnya manusia terbangun saat malam, "ungkapnya.

Alasan-alasan lain secara fisik, termasuk terlalu lelah bekerja, kebanyakan makan, terlambat tidur, atau mungkin kamar yang ditempatinya tidur terlalu nyaman. Maka dari itu, Rasulullah SAW sering kali menjauhi kenikmatan agar lambungnya menjauh dari kasur.

Seyogianya, katanya, bergaullah dengan sesama Muslim dalam menyebarkan kebaikan dan ajakan shalat Malam. Sebarkan pengetahuan agar mereka mengerti makna yang terkandung dalam Surah adz-Dzariyat ayat 17 dan 18.

Bergabunglah dalam komunitas, seperti Tahajud Call. Ini sebagai upaya mengajak Muslim lain beribadah malam. Rasulullah sendiri memulai dalam lingkungan keluarganya dahulu dan membujuk anak-anaknya.




close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==