Menggapai Kasih Sayang Allah SWT dengan Sabar


ILMU-ISLAM.COM -Sabar adalah kata yang tak asing lagi didengar oleh telinga kita. Sabar berarti menahan diri. Sebagai seorang muslim kita diwajibkan bersabar atas tiga hal. 

Pertama, sabar dalam menaati Allah; 

Kedua, sabar dari hal-hal menggoda yang dilarang oleh Allah; 

Ketiga, sabar dalam menghadapi takdir Allah yang menyakitkan. 

Allah SWT dalam firman-firman-Nya banyak menyebutkan kata sabar, agar kita sebagai makhluk-Nya yang lemah tidak mudah berputus asa jika menghadapi masalah atau ujian. Karena masalah atau ujian yang Allah berikan adalah cara Allah untuk mengikatkan derajat keimanan dan ketaqwaan kita pada-Nya. Allah SWT berfirman: “Dan sesungguhnya Kami akan benar-benar menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu.” (QS. Muhammad: 31)

Dalam ayat di atas Allah telah menyiratkan bahwa Dia telah memberikan suatu ketetapan hidup bagi hamba-hambaNya berupa ujian. Dan Allah akan melihat dan menilai bagaimana hamba-hambaNya dapat menghadapi ujian itu dengan kesabaran, keikhlasan dan sikap tawakal, setelah ia berikhtiar dalam menghadapi ujian tersebut. Maka bagi mereka yang dapat bersabar dan ikhlas menjalani ketetapan Allah itu, Allah akan membalas dengan kenikmatan yang dapat dinikmati, mungkin berupa kesenangan di dunia maupun di akhirat nanti. Itulah kabar gembira yang dimaksud dalam firmanNya. Allah SWT berfirman: “Dan sungguh akan kami beri cobaan kepada kalian, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al Baqarah: 155)

Berita gembira bagi mereka yang sabar dalam menghadapi cobaan yang Allah tetapkan atas diri mereka. Mereka yang menyemai sabar dalam hatinya. Mereka yang senantiasa ikhlas atas apa yang mereka jalani dalam hidup ini. Walau terkadang apa yang mereka jalani dan hadapi tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan dan jauh dari dugaan. Dari itu mereka selalu bertawakal, berserah diri kepada Allah atas apa yang telah Allah tetapkan bagi mereka.

Sabar pada hakikatnya juga merupakan sebuah rezeki yang Allah SWT anugerahkan kepada setiap hamba-Nya. Hal ini sesuai dengan apa yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW, “Tidak ada suatu rezeki atau karunia yang Allah SWT berikan kepada seorang hamba yang lebih luas baginya daripada sabar.” (HR. Al-Hakim). Sungguh beruntung hamba-hamba Allah yang mendapatkan karunia yang begitu luas berupa sabar. Karena Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Pemberi maka menjadi hak progresif bagi-Nya untuk memberikan karunia berupa sabar kepada hamba-hamba pilihan yang dikasihi.

Dan bagi diri yang merasa aktivis dakwah, adakah sabar telah subur tersemai dalam hari? Wahai diri, sudahkah kau tabur benih sabar dalam hati? Sabar ketika kerja dakwah dinilai tidak maksimal. Sabar ketika jiwa dan raga merasa lelah setelah seharian bermandi peluh dalam menjalani amanah-amanah dakwah. Sabar ketika teman yang lain enggan bergerak bersama. Sabar saat keluarga belum bisa memahami aktivitas dakwah kita. Sabar saat sulit membagi waktu antara dakwah dan keluarga, antara dakwah dan jadwal kuliah. Dan sabar-sabar lainnya di saat setiap ujian dan cobaan senantiasa menghampiri. Adakah sabar itu telah tertanam subur pada hati?

Saudaraku, betapa pun sulit dan sakitnya ujian yang Allah berikan kepada kita, yakinlah bahwa ujian itu akan memberikan kebahagiaan jika kita sabar dan ikhlas dalam menghadapinya. Yakinlah bahwa ada kekuasaan Allah atas apa yang terjadi pada diri kita. Teruslah berikhtiar, berdoa dan tawakal padaNya. “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al Baqarah: 153)
Jangan ragu meminta kepada Allah. Kalau pun kita tidak meminta, sesungguhnya Allah adalah Maha Pemberi kepada hamba-hambaNya. Karena sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Maka, raihlah kasih sayang Allah dengan sabar. Wallahu’alam Bishawab.

Sumber: dakwatuna.com
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==