Header Ads

Tips Menyenangkan Istri Agar Rumah Tangga Harmonis



ILMU-ISLAM.COM - Rumah tangga bahagia dan hubungan yang harmonis antara suami-istri umumnya bisa langgeng hingga kakek nenek, atau hingga maut menjemput apabila dibina dengan tidak menyepelekan hal-hal remeh yang dapat membahagiakan pasangan. Tidak hanya mengandalkan cinta, namun ada banyak hal yang bisa memberikan pengaruh sangat besar terhadap harmonisasi sebuah hubungan di dalam keluarga.

Agar rumah tangga samawa bisa terwujud, seorang istri wajib tahu apa saja yang disukai oleh suami. Sebaliknya, seorang suami pun memiliki kewajiban untuk menyenangkan istrinya. Diantara beberapa hal yang bisa dilakukan oleh suami untuk membahagiakan istri yaitu:

1. Sering membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Siapapun pasti tahu bahwa wanita yang ada di rumah kita (istri) adalah orang yang tidak pernah mengharapkan pujian, namun selalu berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan setiap pekerjaan rumah tangganya. Mulai dari melahirkan anak, mencuci, memasak, mengepel, menyapu, membersihkan perabotan, merawat anak sekaligus suami, dan lain-lain.

Kegiatan tersebut mereka lakukan setiap hari tanpa pernah mengeluh. Sebagai seorang suami yang baik dan pengertian, maka jangan ragu-ragu untuk menyingsingkan lengan tangan membantu pekerjaannya walaupun itu hal-hal yang terlihat sepele dan sederhana seperti menyapu, mencuci piring, atau memandikan anak.

2. Suami yang baik tidak hanya berusaha untuk tidak menyakiti istrinya, melainkan juga sabar dalam menghadapi segala "tingkah laku" sang istri. Karena wanita memiliki dunia yang sedikit berbeda dengan laki-laki. Dimana biasanya mereka sangat suka berdandan, dan kalo udah dandan butuh waktu yang tidak sediki, kadang-kadang cerewet, suka ngomel dan ngedumel, hingga sering melakukan hal-hal yang dianggap rempong oleh laki-laki.

3. Selalu berusaha memberikan waktu yang berkualitas untuk istri. Sesibuk apapun seorang suami, ketika berada di rumah mereka harus meluangkan waktu dan memberikan waktu yang berkualitas untuk mendengarkan keluh kesah istri hingga memuaskan nafkah batinnya. Tentu salah satu caranya adalah dengan tidak sibuk gadget-an atau dengan meninggalkan urusan pekerjaan hanya untuk di kantor saja. Sehingga ketika berada di rumah, suami bisa fokus memberikan perhatian dan kasih sayang.

4. Memberikan nafkah kepada istri. Jika seorang suami secara rutin bisa memenuhi nafkah badaniah maupun batiniah kepada istrinya, maka hal tersebut akan membuat istri merasa senang dan bahagia. Maka dari itu, seorang suami wajib berusaha dan bekerja serta mencintai pekerjaannya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Dan jangan lupa untuk berusaha menjaga kesehatan diri sendiri (tidak merokok) agar tetap bisa memberikan nafkah batiniah sepanjang hayat.

5. Walaupun istri tidak pernah mengharapkan pujian, namun, seperti apa yang dicontohkan oleh Rasulullah, dimana beliau juga sering mengucapkan kata-kata romantis dalam bentuk verbal seperti ungkapan rasa cinta kepada istri-istri beliau untuk menyenangkan mereka. Cara ini juga bisa kita (suami) terapkan kepada istri di rumah untuk membuat mereka merasa tetap dicintai, disayangi, dan diperhatikan.

6. Jangan pernah memukul istri seberat apapun kesalahan yang ia lakukan. Jikapun sulit mengontrol diri, jangan pernah memukul di bagian wajah.

7. Penuh pengertian. Wanita (istri) bukanlah robot. Mereka juga manusia seperti kita yang memiliki keterbatasan. Meminta segala hal untuk dipenuhi oleh seorang istri adalah sesuatu hal yang mustahil. Oleh sebab itu, seorang suami juga perlu menahan diri, bijak, serta pandai membaca situasi dan kondisi.

Ketika istri capek, bantu ia, pijat dia, atau jangan minta ia melakukan hal-hal yang mungkin akan membuat rasa capeknya meningkat dua kali lipat.

8. Curhatlah hanya kepada istri saja. Istri yang dicurhati pasti akan sangat bahagia dan bukannya mengeluh, karena mereka merasa dibutuhkan dan dipercaya. Daripada menceritakan masalah kepada orang lain, yang belum tentu bisa menjaga rahasia, ceritakan apa yang menjadi beban Anda kepada istri karena mereka juga memiliki hak untuk mengetahui setiap masalah yang Anda hadapi.

9. Sering memberikan hadiah kepada istri. Rasulullah SAW pernah bersabda:

تَهَادُوْا تَحَابُّوْ

“Saling menghadiahilah kalian niscaya kalian akan saling mencintai.” (HR. Al-Bukhari dalam kitab Al-Adabul Mufrad no. 594, dihasankan Al-Imam Al-Albani, lihat Irwa`ul Ghalil no. 1601).

Diberdayakan oleh Blogger.