Akan Menikah? Laki-laki Wajib Tahu Ciri-Ciri Wanita Sholehah



Ilmu-Islam -- Setidaknya ada 4 kriteria dalam memilih istri sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam melalui hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, yang artinya, “Perempuan dinikahi karena 4 faktor. Karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka menangkanlah wanita yang mempunyai agama, engkau akan beruntung.”

Dari hadits di atas kita bisa mengetahui bahwa wanita yang "beragama" adalah pilihan tepat jika ingin merasakan rumah tangga samawa. Di dalam hadis lain, Rasulullah bersabda yang artinya, "Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita sholehah.”
Apa ciri-ciri wanita sholehah?

Sebuah hadis dari Nabi kepada Umar yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini menunjukkan beberapa ciri-ciri wanita sholehah, yang artinya:

“Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya, dan bila ia pergi, sang istri ini akan menjaga dirinya.”

Dari hadits di atas, kita bisa memahami bahwa ada tiga hal penting yang harus ada di dalam seorang wanita jika ingin berstatus sebagai "istri yang sholehah." yaitu:

1. Bila dipandang, ia akan membuat kita (laki-laki) merasa senang. Bentuk konkritnya bisa berupa akhlak yang mulia, selalu menjaga kebersihan diri, berpenampilan sopan, dan berusaha untuk selalu tampil cantik di depan suami.

Bukan sebaliknya, ketika berada di rumah atau di depan suami jarang bersolek atau terkesan berpakaian seadanya, namun ketika akan keluar ia dandan dan berusaha untuk tampil secantik-cantiknya, agar "orang lain" senang memandang dirinya.

2. Ciri-ciri wanita sholehah yang kedua apabila diperintah oleh suami maka ia akan mentaatinya. Lalu bagaimana cara kita mengetahui bahwa wanita tersebut bisa menjadi wanita yang taat dan suka mengikuti perintah suaminya setelah menikah nanti?

Cara paling mudah adalah dengan melihat kehidupan sehari-hari wanita yang akan dipilih sebagai calon istri. Misalnya, dengan melihat apakah ia taat menjalankan semua perintah Allah dan rasul-Nya serta cepat dan tanggap ketika diperintahkan oleh orangtuanya di rumah. Wanita yang sering lambat merespon perintah orang tua dan tidak segera datang ketika dipanggil adalah ciri-ciri wanita yang kurang taat kepada orangtua.

Sedangkan kepada Allah, ciri-ciri ketidaktaatan seseorang bisa dilihat dari caranya berpakaian, ketepatan waktunya dalam beribadah (sholat), rajin membaca Al-quran, suka dengan majelis taklim, dan lain-lain.

3. Dan tanda wanita solehah yang ketiga sesuai dengan hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Salam di atas adalah "pandai menjaga diri.” Ciri-ciri wanita yang pandai menjaga diri diantaranya adalah:

a) Selalu berpakaian sopan dan menutup aurat

b) Tidak mengenakan perhiasan secara berlebihan dengan maksud untuk pamer

c) Tidak suka keluar rumah untuk pergi ke tempat-tempat yang kurang pantas untuknya

d) Tidak suka bergaul dengan lawan jenis yang bukan mahramnya

e) Tidak menghalalkan atau memperbolehkan dirinya pacaran atau menganut sistem pacaran, karena Allah telah memerintahkan kita untuk tidak mendekati zinah

f) Selalu terlihat didampingi oleh mahramnya, ketika bepergian

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mendalami sifat (wanita) calon pasangan yang Anda pilih sebelum memutuskan untuk melanjutkan ke pelaminan, terutama jika Anda sudah melalui proses taaruf (berkenalan) disamping sholat istikharah untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT.




Didoktrin Membenci Islam, Wanita Yunani Justru Jadi Mualaf

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==