Inilah Kalimat yang Paling Dibenci Allah SWT



Ilmu-Islam -- Dalam kehidupan manusia, Allah SWT telah mengatur persaudaraan antar umat manusia dengan begitu hebatnya. Salah satunya adalah adanya rambu-rambu yang harus dipatuhi agar setiap manusia bisa saling memuliakan terhadap sesamanya. Sehingga akan tercipta kehidupan yang nyaman dan tentram. 

Salah satu aturan tersebut adalah saling menasehati antar sesama. Dimana setiap orang memiliki hak menasehati terhadap orang lainnya. Begitu pula dengan kita, berhak dinasehati dan menasehati.

Namun tahukah kamu bahwa ternyata ada sebuah kalimat yang paling dibenci oleh Allah SWT dalam hal nasehat-menasehati ini ? Dimana apabila kita ucapkan kalimat tersebut, maka jatuhlah satu keburukan dimata Allah SWT terhadap diri kita sebagai seorang hamba.Bukan hanya itu saja, sebab pelakunya akan dianggap sombong dan kelak mendapatkan siksaan yang pedih di neraka. Lantas, kalimat apakah yang dimaksud ? Berikut ulasan selengkapnya. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa sesungguhnya setiap manusia memiliki hak untuk menasehati dan dinasehati. Hal ini dikarenakan setiap nasehat yang diberikan oleh seseorang  terhadap diri kita tentunya sesuatu hal yang baik. 

Namun dalam hal ini Allah SWT telah memberikan sebuah rambu-rambu yang apabila tidak kita patuhi dan tidak berhati-hati, maka jatuhlah sebuah keburukan di mata Allah Ta'ala terhadap diri kita. Tentunya hal ini bukanlah sesuatu yang kita harapkan bukan ?

Dimana rambu-rambu tersebut berupa sebuah kalimat yang terlarang untuk diucapkan ketika menerima sebuah nasehat dari orang lain. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat hadits bahwa, “Kalimat yang paling Allah benci, saat seseorang menasehati temannya, ’Bertaqwalah kepada Allah’, tapi ia justru menjawab: ’Urus saja dirimu sendiri.” (HR. Baihaqi & Nasa’i).

Kalimat inilah yang menjadi sebuah kalimat yang paling dibenci oleh Allah SWT dan menjadi sebuah kalimat yang terlarang untuk diucapkan. Sebab pelakunya akan dianggap sebagai seseorang yang sombong, kemudian sikap yang demikian juga akan menyakiti perasaan orang yang telah mengajaknya pada sebuah kebaikan. 

Oleh sebab itulah, hal ini menjadi sebuah rambu-rambu yang harus kita cermati. Meskipun nasehat yang disampaikan oleh teman ataupun saudara kita sangat menyakitkan, atau cara penyampaiannya yang salah dan tidak sopan, namun sebagai seorang Muslim maka kita harus belajar untuk membalas apapun yang diberikan orang lain dengan kebaikan. Meskipun yang kita terima berupa keburukan.

Termasuk dalam hal nasehat menasehati ini. Sehingga meski kita tidak suka atas nasehat yang disampaikan orang lain kepada diri kita, namun cobalah untuk sekuat mungkin menahan mulut untuk tidak berkomentar yang menunjukkan kesombongan. Dan jangan sampai terucap kalimat "urus saja dirimu sendiri" atau yang serupa dan senada dengan kalimat itu.

Sebab hal tersebut justru akan merugikan diri sendiri bila sampai mengucapkan kalimat tersebut. Dimana kerugiannnya adalah pertama, kita bisa menyakiti hati orang yang memberikan nasehat baik kepada kita. Kedua hal tersebut akan menjatuhkan diri ke dalam keburukan sebab kalimat tersebut adalah kalimat yang paling dibenci oleh Allah SWT.

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==