Header Ads

Obat Stress Paling Ampuh adalah Alquran

Membaca Alquran mengandung banyak manfaat yang dapat kita dapatkan, selain mendapat pahala dari Allah ternyata membaca Alquran juga memiliki efek yang sangat baik bagi tubuh kita terutama pada pikiran.

Ternyata dalam sebuah penelitian ilmiah juga disebutkan bahwa Alquran ternyata memiliki kemampuan untuk menenangkan jiwa seseorang yang mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Alquran.

Obat Stress Paling Ampuh adalah Alquran

Bahkan dalam sebuah penelitian ilmiah dikatakan bahwa apabila seseorang menghafal Alquran, maka kesehatan jiwanya akan semakin meningkat. Dan apabila kadar hafalannya terus ditingkatkan, maka kesehatan jiwanya juga akan meningkat juga.
Sebuah penelitian telah dilakukan oleh Prof. DR. Shalih bin Ibrahim yang merupakan seorang profesor di bidang ilmu kesehatan jiwa. Dia membuat dua kelompok, kelompok pertama terdiri dari para mahasiswa-mahasiswi Universitas Malik abdul Aziz di Jeddah yang jumlahnya 170 orang. Dan kelompok kedua terdiri dari mahasiswa-mahasiswi Ma’had al-Imam asy-Syatibi li ad-Dirasah al-Qur’aniyyah, filial Universitas al-Khairiyah Litahfidzil Qur’an al Karim di Jeddah yang jumlahnya juga sama.

Penelitian itu menyimpulkan bahwa mahasiswa yang memiliki tingkat haafalan yang bagus, dia cenderung memiliki tingkat kesehatan jiwa yang baik. Bahkan dalam sebuah survey yang dilakukan kepada non-muslim yang baru pertama kali mendengarkan Alquran, kebanyakan dari mereka merasa lebih tenang hati dan jiwanya setelah mendengarkan Alquran.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa Alquran memang memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan jiwa dan pikiran seseorang. Rasulullah pernah bersabda,

"Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya." [HR. Bukhari]

Untuk itu, jika kita sedang merasa stress atau hati kita gelisah maka bacalah Alquran agar hati kita tenang dan lebih dekat dengan Allah. Dan akan lebih baik apabila kita mengamalkannya secara rutin serta mempelajari isi dan makna yang terkandung didalamnya, maka selain mendapatkan ketenangan jiwa kita juga mendapatkan hadiah pahala dari Allah SWT.

Semoga apa yang disampaikan disini bermanfaat.

Sumber: makintau.com
Diberdayakan oleh Blogger.