Tips Supaya Daging Kambing Empuk dan Tidak Bau



Ilmu-Islam -- Daging kambing banyak diolah menjadi beberapa jenis masakan. Salah satunya adalah sebagai hidangan sate dan gulai. Sayangnya jika mengolahnya tidak tepat dapat menyebabkan daging kambing tidak empuk dan bau. Tentu kamu tidak ingin masakan yang kamu sajikan tidak menarik hanya karena masalah pengolahannya.

Ladies, berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu manfaatkan untuk membuat daging kambing yang kamu masak lembut dan tidak bau. Yuk, simak tips dari vemale berikut ini:

Jangan Mencucinya
Memang terkesan jorok, tetapi mencuci daging kambing justru akan membuatnya semakin bau. Hal ini karena disebabkan kambing khususnya kambing jantan memiliki kelenjar sebaceous yang menyebabkan bau prengus. Apabila dicuci, bau perengus ini semakin menyebar ke seluruh bagian daging. Sebaiknya langsung rebus daging kambing tanpa dicuci, dan buang air rebusannya, lalu masak seperti biasa.

Buang Lemaknya
Jika kamu membeli daging kambing yang masih memiliki lemak, lebih baik segera buang lemaknya. Karena lemak daging kambing tidak baik untuk kesehatan. Selain itu aroma prengus banyak menempel di lemak daging kambing, maka menghilangkannya sebelum direbus akan mengurangi bau.

Rebus dengan Rempah
Merebus dengan rempah akan mengurangi bau. Rempah-rempah yang dianjurkan adalah daun jeruk, jahe serai dan kemangi. Hal ini juga akan membantu memberi aroma yang khas dari daging kambing.

Manfaatkan Daun Pepaya
Untuk mengempukkan daging kambing kamu dapat memanfaatkan daun pepaya. Kamu dapat membungkus daging kambing yang akan dimasak dengan daun pepaya yang sudah dicuci bersih. Kandungan papain pada daun pepaya membantu membuat daging menjadi lebih empuk. Selain menggunakan daun pepaya kamu dapat memanfaatkan nanas yang sudah diparut.

Potong Tipis
Untuk masakan yang ditumis dan nasi goreng, yang proses masaknya cepat manfaatkan daging kambing muda. Jangan lupa untuk mengirisnya lebih tipis agar lebih cepat masak dan tidak keras.

Sumber: vemale.com